BAB I
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang Penulisan
Jika kita memiliki akun facebook maka online shop pasti sudah sering kita dengar. Online shop ini menjual barang-barangnya dengan cara memasang foto produknya di akun facebooknya dan mempromosikannya dengan men-tag foto-foto tersebut ke dalam akun facebook kita. Ini adalah salah satu cara bisnis online yang paling umum saat ini dengan menggunakan media facebook, selain google tentu saja, dalam usaha bisnis itu mempromosikan produknya langsung kepada konsumen. Mengapa online shop kita lihat begitu banyak bermunculan di facebook? Ini tentu saja tidak lepas dari boomingnya facebook di indonesia, hampir setiap orang entah tua muda atau bahkan anak sd sekalipun sudah memiliki akun facebok. Ini merupakan pangsa pasar yang sangat potensial bagi pelaku bisnis online untuk memasarkan produknya. Secara sederhana, bisnis bisa diartikan sebagai suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa untuk mendapatkan profit. Yang dimaksud dengan profit adalah perbedaan antara pendapatan suatu bisnis dan pengeluarannya. sedangkan online berarti melakukan kegiatan dalam dunia internet, entah itu chatting, browsing dan sebagainya. Jadi bisnis online bisa diartikan sebagai suatu organisasi yang melakukan kegiatan bisnisnya, yaitu menjual barang dan jasa melalui media internet. Ada berbagai macam bisnis online yang saat ini ada di internet antara lain :
Forex (pasar modal) trading adalah perdagangan mata uang dengan menggunakan internet, sehingga seorang investor tidak perlu datang lagi atau menelepon kantor pialang (broker). Inti dari forex trading adalah pertukaran mata uang suata negara, dengan membeli mata uang tersebut dengan semurah-murahnya lalu menjualnya dan sebaliknya.
2.Bisnis e-book
Adalah bisnis dengan menjual e-book yang kita buat secara online. Biasanya yang paling berkembang saat ini adalah e-book tentang motivator, bisnis online, panduan software dan sebagainya.
3. Internet Marketing
Adalah bisnis yang mengandalkan kemampuan kita dalam memasarkan produk di internet, biasanya yang dipasarkan adalah produk orang lain bisa dari sebuah program MLM, reseller dan afiliasi. Contohnya dari afiliasi adalah banyak seperti ketika perusahaan besar bergabung dalam sebuah grup pemasaran afiliasi, kita bisa bergabung dalam grup tersebut dan memasarkan perusahaan-perusahaan itu secara online. Contoh yang paling populer adalah Comission Junction, LinkShare, Share a Sale, ClixGalore dan sebagainya.
4. Autosurf program
Adalah program di internet dimana semua membernya diwajibkan untuk melakukan surfing di internet, dan akan dibayar sesuai dengan prosentase surfing kita.
5. Bisnis Software
Adalah bisnis dengan menjual software yang telah kita buat di internet. Contohnya, software email, software submit search engine, software antivirus, software pendidikan dan sebagainya.
6. Online Shop
Adalah bisnis dengan menjual barang dagangan kita menggunakan media internet. Barang yang sedang sering dijual di internet antara lain, baju, produk kesehatan, produk kecantikan, produk olahraga dan sebagainya
1.2 Permasalahan
Berdasarkan latar belakang kita bisa merumuskan masalah yang akan dibahas yaitu :
1. Apa saja yang dibutuhkan untuk membangun bisnis online?
2. Apa saja hal-hal yang bisa menghambat perkembangan bisnis online yang kita jalankan dan bagaimana mengatasinya?
1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan adalah :
1. Untuk memenuhi tugas pengantar bisnis
2. Untuk lebih memahami tentang dasar-dasar pembuatan bisnis online
3. Untuk lebih memahami hal-hal yang menghambat pengembangan binis online dan cara mengatasinya
1.4 Kegunaan Penulisan
Makalah ini berguna untuk orang yang ingin mengetahui lebih banyak tentang bisnis online
1.5 Sistematika Penulisan
Makalah ini disajikan sedemikian rupa agar mudah dipahami pembaca. Diawali dengan:
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini diawali dengan latar belakang penulisan, permasalahan, tujuan penulisan, selanjutnya diuraikan kegunaan serta sistematika karya tulis ini.
BAB II PEMBAHASAN
Dalam bab ini diuraikan tentang kelebihan franchise dan hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengembangkan franchise.
BAB III PENUTUP
Bab ini berupa kesimpulan dari apa yang sudah dibicarakan dalam bab-bab sebelumnya.
BAB II
Pembahasan
2.1 Membangun bisnis online
Untuk membangun bisnis online dana yang kita butuhkan sebenarnya relatif lebih kecil dibanding kita membangun bisnis lainnya seperti franchise. Ini karena media yang kita gunakan adalah dunia maya/internet. Hal pertama yang sangat penting untuk membangun bisnis online adalah kredibilitas atau tingkat kepercayaan konsumen kepada bisnis kita. Ini hampir sama dengan kita membangun bisnis biasa namun dalam bisnis online kredibilitas ini lebih susah didapat karena kita bertransaksi dalam dunia maya, konsumen tidak bertemu langsung dengan kita sehingga tidak bisa melihat produk yang akan dibeli secara langsung. Selain itu, penipuan lewat internet juga sangat marak dewasa ini. Hal ini dapat membuat konsumen ragu akan kredibilitas kita. Ada beberapa cara untuk membangun kredibilitas kita, antara lain :
1. Identitas yang jelas
2. Bersikap jujur
3. Mempermudah konsumen untuk menghubungi kita
4. Menyediakan garansi
5. Kecepatan pelayanan
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membangun bisnis online :
- Menentukan produk yang akan kita jual dengan tepat dan pertimbangan yang matang
- Membuat website yang menarik untuk menjual produk atau jasa yang sudah kita pilih
- Mempromosikan website tersebut dengan menggunakan iklan baris, search engine dan milis.
- Jangan mengharapkan hasil keuntungan yang cepat, yang penting terus berusaha dan mendapatkan untung walaupun sedikit
- Harus mempunyai rencana dan target jangka panjang
- Harus sering melakukan evaluasi terhadap semua kegiatan yang telah dilakukan agar bisa mengetahui dimana kekurangan kita
2.2 Kendala dalam membangun bisnis online dan cara mengatasinya
Ada berbagai macam kendala yang akan kita hadapi kita memulai bisnis online, antara lain :
- Penguasaan bahasa asing yang kurang
→ cara mengatasinya : dengan menggunakan translator di internet atau dengan menggunakan jasa penerjemah
- Ada pesaing yang menjual produk/ jasa yang sama atau tidak jauh berbeda
→ cara mengatasinya : selalu mengawasi gerak-gerik pesaing, bagaimana dia melayani konsumen, apa kelebihan dan kekurangannya, jadikan pesaing sebagai sumber inspirasi.
- Kurangnya ilmu yang kita miliki untuk memulai bisnis online
→ cara mengatasinya : kita harus memiliki kemauan dan semangat untuk belajar, banyak situs-situs yang menyediakan kursus bisnis dengan biaya yang tidak begitu mahal.
- Tidak mempunyai atau bingung memilih produk yang akan dijual
→ cara mengatasinya : membeli produk orang lain dan menjualnya dengan harga yang lebih tinggi, atau menjadi perantara.
BAB III
Penutup
KESIMPULAN
Semakin hari pengguna internet semakin banyak. Para raksasa internet dunia seperti google, yahoo, ebay dan amazon terus melakukan pengembangan dan ekspansi bisnisnya, tidak terkecuali di indonesia. Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap transaksi online juga terus meningkat, orang tidak lagi takut untuk melakukan transaksi di dunia maya. Buktinya dengan banyaknya situs-situs di indonesia yang menyediakan tempat untuk bertransaksi online, seperti kaskus, indowebster, forgil dan sebagainya. Hal ini membuktikan bahwa pasar bagi bisnis online sangat memiliki potensi untuk terus berkembang di masa depan.
Referensi
http://bisnis-online-internet.blogspot.com/
http://student.eepis-its.edu/~uje/download/memulai_bisnis_online.pdf
http://www.jokosusilo.com/
http://student.eepis-its.edu/~uje/download/memulai_bisnis_online.pdf
http://www.jokosusilo.com/
Keren bray infonya...!!! Thank's ...
ReplyDeleteusaha tanpa modal