Saturday, October 22, 2011

Circular Flow

Dalam siklus ekonomi ini  terdapat beberapa pihak yaitu masyarakat, pemerintah, produsen dan bank. Bagaimanakah hubungan antar entitas ekonomi agar sistem ekonomi dapat berjalan dengan baik? Masyarakat memberikan jasanya sebagai pekerja kepada produsen. Sebagai hasilnya masyarakat mendapatkan income/pendapatan dari produsen. Masyarakat juga melakukan konsumsi atas produk yang dihasilkan oleh produsen. Sedangkan dalam hubungannya dengan pemerintah, masyarakat dan produsen harus membayar pajak kepada pemerintah agar pemerintah bisa membantu memberikan subsidi kepada masyarakat dan produsen yang membutuhkan. Masyarakat juga menyimpan uangnya di bank dan mendapatkan bunga tabungan dari bank.
Namun, dalam masyarakat tentu saja ada yang membutuhkan dana dari bank untuk berinvestasi. Untuk itu diperlukan masyarakat lainnya, untuk membedakannya masyarakat yang meminjam uang di bank bisa kita anggap sebagai masayarakat yang surplus/berlebih dan satunya masyarakat yang minus. Masyarakat yang kedua ini meminjam uang dari bank untuk berinvestasi di produsen. Dalam hubungannya dalam pemerintah, masyarakat yang minus ini mendapatkan policy/kebijakan dari pemerintah yang membantu mereka dalam berinvestasi. Investasi selain dengan produsen, juga bisa dilakukan dalam pasar modal yaitu dengan saham dan obligasi.
Kondisi yang ideal adalah ketika keuntungan yang didapat dari investasi lebih besar daripada bunga yang didapatkan dari bank, sehingga dapat memicu masyarakat yang siap mengambil resiko untuk berlomba-lomba melakukan investasi. Banyaknya investasi bisa menyebabkan banyak hal seperti, terbukanya lapangan kerja baru, produsen dapat meningkatkan produksi sehigga bisa diekspor ke luar negeri dan lain-lain. Namun, ketika bunga bank lebih tinggi, maka investasi akan makin menurun atau tidak ada sama sekali karena masyarakat akan memilih menabung di bank. Bagaimana cara  pemerintah untuk mengembalikan investasi? Pemerintah mempunyai 2 pilihan yaitu, membantu produsen dengan melakukan subsidi, sehingga produsen bisa tetap melakukan produksinya dengan baik. Atau dengan bank, pemerintah  memberikan kucuran dana, sehingga bank bisa menurunkan bunga kreditnya yang nantinya membuat masyarakat tertarik kembali untuk melakukan investasi.




No comments:

Post a Comment